Pandemi COVID-19 Bikin Manusia Sadar akan Hal Ini

VIVA – Riset dari Universitas Warwick dan Universitas Sheffield – keduanya di Inggris – pada 2018 menyebutkan bahwa interaksi manusia dengan alam sekitar dapat menimbulkan perasaan nyaman sehingga membuat kesehatan mental membaik.

Memasuki bulan ke delapan, wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia belum juga mereda. Sebagian masyarakat tetap memilih mengurangi aktivitas di luar rumah. Tentu hal ini menimbulkan rasa jenuh bagi manusia yang merupakan makhluk sosial.

Baca: Internet Jadi Ajang Kampanye, tapi Bukan Pemilu

Hal ini juga tidak terlepas dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menerapkan protokol kesehatan. Namun begitu, kini manusia diharuskan menerapkan berbagai norma baru, termasuk menjaga lingkungan tetap bersih untuk memutus penularan wabah Virus Corona.

Akibat pandemi COVID-19, masyarakat mulai menyadari betapa berharganya berada di alam dan pentingnya ruang terbuka hijau (RTH) sebagai salah satu cara menghilangkan kejenuhan dan kebosanan.

Mengutip The Conversation, Sabtu, 17 Oktober 2020, ruang terbuka hijau merupakan suatu area atau jalur yang berada dalam kota atau wilayah yang penggunaannya bersifat terbuka. Disebut sebagai kawasan hijau, karena menjadi tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh alami atau sengaja ditanam untuk memberikan kesan hijau dan teduh.

Melihat pentingnya keberadaan RTH di tengah kota seperti Jakarta, Damai Putra Group dan Nishitetsu Group dari Jepang sepakat bekerja sama membangun proyek Sayana Apartments untuk menciptakan hunian yang menyediakan kawasan hijau agar nyaman untuk saling berinteraksi.

Lokasi proyek Sayana Apartments terletak di area Pusat Distrik Bisnis (CBD) Kota Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat, di mana telah dilakukan topping off pada 15 Oktober kemarin. Salah satu wujud nyata menciptakan RTH di kawasan hunian adalah menanam pohon di Abisvara Park (Sayana Park).

Menurut Sales and Promotion Division Head Damai Putra Group, Stefanus Agung Nugroho, Abisvara Park dibangun seluas 7.100 meter persegi yang di-design dengan konsep memaksimalkan lahan publik dan sebagai area ekstensi RTH untuk Sayana Apartments dan juga kavling sekitarnya.

“Abisvara Park terdiri dari 6 zona, yakni The Community Play Park, Discovery Wetland, The Woods, Food Forest, Garden of Butterflies, The Meadaws & Cocoon House. Nah, Sayana Apartments adalah solusi untuk kebutuhan hunian yang terjangkau sekaligus memberikan sebuah living experience yang menyenangkan,” ungkapnya.

Sumber

(Visited 1 times, 1 visits today)

You Might Be Interested In

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *